Pusat Studi Desa

Selama ini, sudah sangat banyak lembaga, kampus, dan ilmuwan yang melakukan penelitian di pedesaan. Namun, hingga kini tak banyak dari riset tersebut yang memberikan manfaat bagi desa. Dokumen-dokumen hasil penelitian, hanya menjadi tumpukan kertas. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian-penelitian yang berguna dan dapat dirasakan secara langsung masyarakat desa.

Hanya saja, dunia penelitian kita saat ini mengalami berbagai tantangan, yakni dalam waktu yang lama, penelitian seolah menjadi milik para akademisi/ilmuwan (kampus). Hal ini dipahami karena pemikir atau ilmuwan besar lahir dan ada di kampus. Para intelektual kampus ini diberi label sebagai akademisi dengan cara berfikir ilmiah, sehingga muncul klaim seolah hanya para akedemisi yang paling shahih atau absah melahirkan ilmu pengetahuan.

Posisi pihak yang berada di luar kampus, rakyat desa, sebagai pihak yang dianggap tak berpengetahuan ilmiah. Akibatnya, rakyat dianggap tidak punya kapasitas dan kredibilitas dalam melakukan penelitian. Suara seorang ilmuwan dengan keahlian tertentu jauh memiliki pengaruh dibandingkan dengan pendapat rakyat kebanyakan.Padahal rakyatlah sesungguhnya yang membentuk pengetahuan di desa.

Oleh sebab itu Pusat Studi Desa (PSD) didirikan agar memberikan tempat bagi inisiasi warga untuk menggali dan mendokumentasikan kembali pengetahuan  yang ada di dalam kehidupan masyarakat desa sendiri. Sehingga dapat menjadi bagian refleksi serta Baik dari sisi tata pemerintahan, ekonomi, pertanian hingga sosial budaya.

Riset-riset yang akan dilakukan Pusat Studi Desa, akan memiliki fokus pada tiga hal, yakni

  1. Kajian mengenai bagaimana format dan bentuk penyelenggaraan Pemerintahan Desa Baru serta demokrasi, yang dapat mewujudkan:
    1. Politik hadir
    2. Kebijakan baru
    3. Partisipasi
  2. Kajian mengenai Ekonomi baru, yang akan mewujudkan:
    1. Pekerjaan layak
    2. Pendapatan layak
    3. Kehidupan layak
  1. Kajian mengenai terbentuknya Komunitas baru, yang terwujud dalam:
    1. Identitas baru
    2. Seni budaya
    3. Kebersamaan

Sekretariat Pusat Studi Desa:
Pendopo Pojok Budaya, Kompleks Kampung Dolanan, Dusun Pandes, Desa Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, DIY, Telepon: (0274) 9543879