Rangkaian pertemuan dalam upaya inisiasi pembentukan Forum Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), terus dilakukan. Kali ini, Tim Forum UMKM diwakili Dr. R. Maryatmo, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Erik Triadi dari Rumah Suluh dan Danuri, Media Pressindo bertandang ke Bank Indonesia (BI) Perwakilan DI Yogyakarta, di Gedung BI, Jalan P. Senopati Yogyakarta, Kamis, (9/7) lalu. Tim diterima langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Yogyakarta, Arif Budi Santoso berserta beberapa stafnya.

Dr. R. Maryatmo menjelaskan maksud dan tujuan kehadiran tim Forum UMKM ke BI Perwakilan DI Yogyakarta. Menurutnya UMKM di Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah usaha dan tenaga kerja yang terserap jumlahnya sangat besar. “Tenaga kerja yang terserat di UMKM hingga lebih dari 90%. Ini merupakan jumlah yang sangat besar, sehingga harus ada kebersamaan untuk mengembangkan UMKM,” ujarnya.

Kehadiran Tim Forum UMKM ini, lanjut Maryatmo, juga dimaksudkan untuk meminta masukan kepada BI yang telah berpengalaman mengembangkan pelaku UMKM.

Arif Budi Santoso, menyambut baik jika ada inisiatif untuk membentuk Forum UMKM karena pelaku UMKM membutuhkan pendampingan yang intensif. “Kami pernah mengumpulkan pelaku UMKM, yang mereka butuhkan sebenarnya tidak selalu dana, tapi pendampingan,” ujarnya.

Oleh karena itu, BI memiliki tenaga konsultan yang disebut Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB). Konsultan ini diharapkan tidak hanya memfasilitasi pelaku UMKM untuk mendapatkan pinjaman ke bank, tetapi juga melakukan pendampingan kepada pelaku-pelaku UMKM. “Di DI Yogyakarta ada lebih dari 70 KKMB, karena satu konsultan harus mendampingi satu kecamatan,” ujar Arif.

Sedangkan terkait Forum UMKM, mengatakan siap mendukung pembentukkannya. Bahkan ia berharap ada ide-ide kongkrit yang bisa dijalankan bersama-sama. (ET)